Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos, oikos yang artinya keluarga atau rumah tangga dan nomos yang artinya aturan. Sehinga ekonomi disebut juga dengan aturan rumah tangga.

Ada berbagai pandangan dari para ahli ekonomi mengenai pengertian ilmu ekonomi, salah satunya adalah alfred marshall, yang menyebutkan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari.

Alfred Marshall dikenal sebagai bapak ilmu ekonomi Neoklasik (1890) dan terkenal sebagai tokoh ekonomi saat itu dan salah satu tokoh yang paling berpengaruh, beliau lahir di Bermondsey, wilayah sub urban kelas pekerja London tahun 26 July 1842.

Baca juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Albert l Meyers

Secara umum,ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Secara umum ilmu ekonomi terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro.
  • Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll.
  • Ekonomi makro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perekonomian baik suatu negara / daerah seperti inflasi, kemiskinan, neraca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel